Kamis, 09 Agustus 2012

CONTOH KISI-KISI SOAL DAN SOAL


KISI-KISI PENULISAN SOAL 
Jenis sekolah              : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Mata kuliah               : Evaluasi Pengajaran Bahasa
Program/kurikulum  : KTSP
Jumlah soal                : 10
Bentuk soal                : Pilihan Ganda


No
SK
KD
Materi
Kelas/Smester
Indikator
Bentuk Soal
No. Soal
1









Memahami cara memvaliditaskan teoritik alat evaluasi hasil belajar bahasa dan Sastra Indonesia




Siswa mampu memahami apa itu valid







Pengertian valid








VI






Memahami Konsep Valid



Pilihan Ganda





1


Mampu Membuat Contoh Tentang Valid
Pilihan ganda

2


2





Memahami cara memvaliditaskan teoritik alat evaluasi hasil belajar bahasa dan Sastra Indonesia







Siswa mampu memahami apa itu validitas teoritik










Pengertian vakiditas teoretik










VI






Memahami konsep validitas teoritik

Pilihan ganda


3




Mampu membuat pertimbangan dalam rangka menjawab pertanyaan-pertanyaan
Pilihan ganda



4



3




Memahami cara memvaliditaskan teoritik alat evaluasi hasil belajar bahasa dan Sastra Indonesia




Siswa mampu memahami tentang validitas isi






Pengertian validitas isi








VI




Memahami konsep validitas isi


Pilihan ganda


5




Mampu membuat soal yang memiliki validitas isi
Pilihan ganda

6



4




Memahami cara memvaliditaskan teoritik alat evaluasi hasil belajar bahasa dan Sastra Indonesia





Siswa mampu memahami tentang validitas muka (Fase Validity)






Pengertian validitas muka (Fase Validity)








VI






Memahami konsep validitas muka (Fase Validity)
Pilihan ganda


7




Mampu membedakan validitas muka dengan validitas lainnya
Pilihan ganda


8



5






Memahami cara memvaliditaskan teoritik alat evaluasi hasil belajar bahasa dan Sastra Indonesia







Siswa mampu memahami tentang kontruksi psikologik (Contruct validity)








Pengertian validitas kontruksi psikologik (Contruct validity)







VI






Memahami konsep validitas kontruksi psikologik (Contruct validity)
Pilihan ganda


9




Mampu mengetahui hal-hal yang termasuk konstruk psikologik
Pilihan ganda


10





Jenis sekolah              : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Mata kuliah               : Evaluasi Pengajaran Bahasa
Program/kurikulum  : KTSP
Jumlah soal                : 10
Bentuk soal                : Pilihan Ganda


1.  Apa yang kamu ketahui tantang valid dalam mengevaluasi hasil belajar bahasa dan sastra indonesia....
a. keabsahan atau kesahihan
b. alat evaluasi
c. bentuk evaluasi
d. kebenaran alat evaluasi

Jawab: a

2. Berikut ini contoh valid yang benar adalah....
a. pisau silet tajam jika digunakan untuk mencukur kumis atau janggut
b. pisau silet tajam jika digunakan untuk memotong kayu
c. timbangan gantung tepat jika digunakan untuk mengukur berat emas
d. kalender tepat untuk menngukur satuan waktu

Jawab: a

3. Jelaskan maksud validitas teoritik....
a. alat evaluasi yang dilakukan atas dasar pertimbangan (judgment) teoritik atau logika.
b. kepentingan keabsahan
c. kebenaran keabsahan evaluasi hasil belajar bahasa dan sastra indonesia.
d. pertimbangan yang dilakukan untuk membenarkan data

Jawab: a

4.  Hal-hal apa yang harus dipertimbangkan dalam rangka menjawab pertanyaan-pertanyaan, adalah kecuali....
a. Kurikulum
b. Materi, dan buku sumber
c. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
d. kondisi siswa

Jawab: d

5. Validitas isi adalah....
a. suatu alat evaluasi artinya ketepatan alat tersebut ditinjau dari segi maeri yang   dievaluasi.
b. kebenaran hasil alat berdasarkan isi
c. isi alat teruji kebenarannya
d. materi yang diujikan sesuai dengan apa yang diajarkan.

Jawab: a

6.  Agar soal memiliki validitas isi yang baik maka harus memperhatikan hal-hal berikut, kecuali....
a.bahan evaluasi merupakan sampel representatif untuk mengukur berapa jauh KD tercapai.
b. titik berat bahan yang diujikan harus berimbang dengan titik berat bahan dalam kurikulum.
c. untuk mengerjakan evaluasi tersebut tidak diperlukan pengetahuan lain yang tidak Relevan atau bahan yang belum diajarkan.
d. menyesuikan antara sikap, perbutan, motivasi, dan pengetahun siswa.

Jawab: d

7. Maksud validitas muka ialah....
a. suatu alat evaluasi yang menyangkut keabsahan (kebaikan) alat evaluasi tersebut,  berkenaan dengan tampilan (kulit, luar, wajahnyanya).
b. validitas yang berbentuk pertanyaan-pertanyaan
c. suatu alat evaluasi keabsahan data tentang sikap siswa
d. alat evaluasi awal untuk menentukan keabsahan data.

Jawab: a

8. Yang membedakan validitas muka dengan validitas yang lainnya ialah, kecuali...
a. tampilan
b. kulit luar
c. wajahnya
d. sifatnya

Jawab: d


9. Apa maksud validitas kontruksi psikologik (Contruct validity) ialah....
a. suatu alat evaluasi yang mengukur aspek sikap, kepribadian, motivasi, minat, dan bakat.
b. suatu alat evaluasi yang mengukur tingkat pengetahuan dan perbuatan
c. suatu alat evaluasi yang mengukur keabsahan aspek kognisi
d. suatu alat evaluasi yang mengukur keabsahan materi jiwa siswa.

Jawab: a

10. Di bawah ini hal-hal yan termasuk konstruksi psikologik ialah, kecuali....
a. kepribadian, intelegensi
b. bakat, minat, berpikir, kritik
c. tampilan muka, wajahnya, dan kulit luar
d. kekuatan rasa diri, dn motivasi.

Jawab: c


1 komentar: