KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Mata kuliah :
Evaluasi Pengajaran Bahasa
Program/kurikulum : KTSP
Jumlah soal :
10
Bentuk soal :
Pilihan Ganda
No
|
SK
|
KD
|
Materi
|
Kelas/Smester
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
|
1
|
Memahami cara
memvaliditaskan teoritik alat evaluasi hasil belajar bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Siswa mampu
memahami apa itu valid
|
Pengertian valid
|
VI
|
Memahami Konsep Valid
|
Pilihan Ganda
|
1
|
|
Mampu Membuat Contoh Tentang Valid
|
Pilihan ganda
|
2
|
||||||
2
|
Memahami cara
memvaliditaskan teoritik alat evaluasi hasil belajar bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Siswa mampu
memahami apa itu validitas teoritik
|
Pengertian vakiditas teoretik
|
VI
|
Memahami konsep validitas teoritik
|
Pilihan ganda
|
3
|
|
Mampu membuat
pertimbangan dalam rangka menjawab pertanyaan-pertanyaan
|
Pilihan ganda
|
4
|
||||||
3
|
Memahami cara
memvaliditaskan teoritik alat evaluasi hasil belajar bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Siswa mampu
memahami tentang validitas isi
|
Pengertian validitas isi
|
VI
|
Memahami konsep validitas isi
|
Pilihan ganda
|
5
|
|
Mampu membuat
soal yang memiliki validitas isi
|
Pilihan ganda
|
6
|
||||||
4
|
Memahami cara
memvaliditaskan teoritik alat evaluasi hasil belajar bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Siswa mampu
memahami tentang validitas muka (Fase Validity)
|
Pengertian validitas
muka (Fase Validity)
|
VI
|
Memahami konsep
validitas muka (Fase Validity)
|
Pilihan ganda
|
7
|
|
Mampu membedakan
validitas muka dengan validitas lainnya
|
Pilihan ganda
|
8
|
||||||
5
|
Memahami cara
memvaliditaskan teoritik alat evaluasi hasil belajar bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Siswa mampu
memahami tentang kontruksi psikologik (Contruct validity)
|
Pengertian validitas
kontruksi psikologik (Contruct validity)
|
VI
|
Memahami konsep
validitas kontruksi psikologik (Contruct validity)
|
Pilihan ganda
|
9
|
|
Mampu mengetahui
hal-hal yang termasuk konstruk psikologik
|
Pilihan ganda
|
10
|
Jenis sekolah : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Mata kuliah :
Evaluasi Pengajaran Bahasa
Program/kurikulum : KTSP
Jumlah soal :
10
Bentuk soal :
Pilihan Ganda
1. Apa
yang kamu ketahui tantang valid dalam mengevaluasi hasil belajar bahasa dan sastra
indonesia....
a. keabsahan atau
kesahihan
b. alat evaluasi
c. bentuk
evaluasi
d. kebenaran alat
evaluasi
Jawab: a
2. Berikut ini
contoh valid yang benar adalah....
a. pisau silet
tajam jika digunakan untuk mencukur kumis atau janggut
b. pisau silet
tajam jika digunakan untuk memotong kayu
c. timbangan
gantung tepat jika digunakan untuk mengukur berat emas
d. kalender tepat
untuk menngukur satuan waktu
Jawab: a
3. Jelaskan maksud
validitas teoritik....
a. alat evaluasi
yang dilakukan atas dasar pertimbangan (judgment) teoritik atau logika.
b. kepentingan
keabsahan
c. kebenaran
keabsahan evaluasi hasil belajar bahasa dan sastra indonesia.
d. pertimbangan
yang dilakukan untuk membenarkan data
Jawab: a
4. Hal-hal apa yang harus dipertimbangkan dalam
rangka menjawab pertanyaan-pertanyaan, adalah kecuali....
a. Kurikulum
b. Materi, dan
buku sumber
c. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
d. kondisi siswa
Jawab: d
5. Validitas isi
adalah....
a. suatu alat evaluasi artinya ketepatan alat
tersebut ditinjau dari segi maeri yang dievaluasi.
b. kebenaran
hasil alat berdasarkan isi
c. isi alat
teruji kebenarannya
d. materi yang
diujikan sesuai dengan apa yang diajarkan.
Jawab: a
6. Agar soal memiliki validitas isi yang baik
maka harus memperhatikan hal-hal berikut, kecuali....
a.bahan evaluasi merupakan sampel representatif
untuk mengukur berapa jauh KD tercapai.
b. titik berat bahan yang diujikan harus berimbang
dengan titik berat bahan dalam kurikulum.
c. untuk mengerjakan evaluasi tersebut tidak
diperlukan pengetahuan lain yang tidak Relevan atau bahan yang belum diajarkan.
d. menyesuikan
antara sikap, perbutan, motivasi, dan pengetahun siswa.
Jawab: d
7. Maksud validitas
muka ialah....
a. suatu alat evaluasi yang menyangkut keabsahan
(kebaikan) alat evaluasi tersebut, berkenaan
dengan tampilan (kulit, luar, wajahnyanya).
b. validitas yang
berbentuk pertanyaan-pertanyaan
c. suatu alat
evaluasi keabsahan data tentang sikap siswa
d. alat evaluasi
awal untuk menentukan keabsahan data.
Jawab: a
8. Yang membedakan
validitas muka dengan validitas yang lainnya ialah, kecuali...
a. tampilan
b. kulit luar
c. wajahnya
d. sifatnya
Jawab: d
9. Apa maksud
validitas kontruksi psikologik (Contruct validity) ialah....
a. suatu alat
evaluasi yang mengukur aspek sikap, kepribadian, motivasi, minat, dan bakat.
b. suatu alat
evaluasi yang mengukur tingkat pengetahuan dan perbuatan
c. suatu alat
evaluasi yang mengukur keabsahan aspek kognisi
d. suatu alat
evaluasi yang mengukur keabsahan materi jiwa siswa.
Jawab: a
10. Di bawah ini
hal-hal yan termasuk konstruksi psikologik ialah, kecuali....
a. kepribadian,
intelegensi
b. bakat, minat,
berpikir, kritik
c. tampilan muka,
wajahnya, dan kulit luar
d. kekuatan rasa
diri, dn motivasi.
Jawab: c
pak ne saya syariah siswi bapak :)
BalasHapus