Rabu, 06 Februari 2013

KONTRAK PERKULIAHAN EVALUASI PENGAJARAN BAHASA



 










PERANGKAT PEMBELAJARAN
MATA KULIAH EVALUASI PENGAJARAN BAHASA



KONTRAK PERKULIAHAN







Dosen Pemangku





ALBER, S.Pd., M.Pd.
NIDN. 101005881







FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU

HALAMAN PENGESAHAN


1.      Identitas Mata Kuliah

  1. Nama Mata Kuliah                  : Evaluasi Pengajaran Bahasa
  2. Kode Mata Kuliah                  : PBMN 23105
  3. Bobot SKS                              : 3 (tiga)
  4. Semester                                  : 5 (lima)
  5. Status Mata Kuliah                 : Wajib

2.      Identitas Dosen Pemangku           :
  1. Nama                                       : Alber, S.Pd., M.Pd.
  2. NIDN                                      : 1010058801
  3. Pangkat/Golongan                  : -
  4. Jabatan Akademik                  : -
  5. Jurusan/Prodi                          : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pekanbaru, Januari 2013
Mengetahui
Ketua Jurusan/Prodi                                              Dosen Pemangku


Roziah, S.Pd., M.A.                                            Alber, S.Pd., M.Pd.
NIDN. 1017048601                                              NIDN. 1010058801         



Divalidasi oleh

Lembaga Penjamin Mutu FKIP                                  Pembantu Dekan I FKIP
UNiversitas Islam Riau                                          Universitas Islam Riau




                                                                                    Dr. H. Elfis, M.Si.
NIP                                                                             NIP. 19650409 119103 1004
KONTRAK PERKULIAHAN

Nama Mata Kuliah   : Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia
Kode Mata Kuliah    : PBMN 23105
Dosen Pemangku      : Alber, S.Pd., M.Pd.
Semester                     : Ganjil


1. MANFAAT MATA KULIAH

Manfaat mempelajari mata kuliah ini agar mahasiswa menguasai konsep, prinsip, serta prosedur evaluasi dan asesmen serta pengembangan keterampilan dalam merencanakan, menyusun, melaksanakan, menganalisis berpijak pada validitas, relabilitas,dan tingkat kesukaran soal serta menilai hasil analisis evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dari berbagai aspek keterampilan (membaca, menulis, menyimak, dan berbicara). Fokus utama adalah pemahaman konsep dan penyusunan bermacam-macam bentuk soal.


2. DESKRIPSI MATA KULIAH

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep, prinsip, serta prosedur evaluasi dan asesmen serta pengembangan keterampilan dalam merencanakan, menyusun, melaksanakan, menganalisis berpijak pada validitas, relabilitas,dan tingkat kesukaran soal serta menilai hasil analisis evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dari berbagai aspek keterampilan (membaca, menulis, menyimak, dan berbicara). Fokus utama adalah pemahaman konsep dan penyusunan bermacam-macam bentuk soal.



3. TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM

Pengujian dan penilaian merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Ketika dilakukan dengan benar, keduanya tidak hanya bisa mengevaluasi dengan efektif, tetapi juga meningkatkan proses belajar siswa dan proses mengajar guru. Ketika dilakukan dengan buruk, keduanya dapat membingungkan dan mengasingkan siswa, mendistorsi kurikulum, dan menghalangi pembelajaran yang baik. Skor tes dan nilai kadang-kadang mempengaruhi  keputusan "berisiko tinggi" tentang siswa, mendorong intensitas perhatian bahwa keduanya akan dapat akurat dan adil.
Pengujian dalam bidang pendidikan telah menjadi isu nasional dalam dua dekade terakhir, dan tes di tingkat kabupaten, provinsi, atau nasional sekarang sering digunakan sebagai alat untuk meningkatkan pengajaran, dan sekolah diharapkan terus bertanggung jawab atas kualitas proses dan pengajaran. Tren baru dalam pengukuran pendidikan telah menyebabkan para pendidik memikirkan kembali tentang penilaian. Misalnya, sampai sejauh mana guru atau sekolah harus bergeser dari tes tradisional dan sistem penilaian ke penilaian otentik dan portofolio pekerjaan siswa? Singkatnya, pengujian dan penilaian tidak hanya penting dan secara umum dianggap begitu, tetapi juga berfluktuasi.
Menyadari hubungan antara penilaian yang baik dan pengajaran yang baik, profesi ini telah mengadopsi standar kompetensi guru dalam penilaian pendidikan. Mata Kuliah ini dirancang untuk membantu Anda memenuhi standar profesional, memahami tekanan publik maupun kebutuhan instruksional untuk penilaian yang baik.

MK ini akan mencakup area konten berikut umum:
  • Perdebatan publik seputat tes dan penilaian (Kasus Bahasa Indonesia)
  • Hubungan penilaian dengan pembelajaran
  • Kualitas  penilaian
  • Tujuan dan bentuk penilaian kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  • Proses perencanaan suatu penilaian kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  • Keuntungan dan keterbatasan jenis butie tes yang berbeda (benar-salah, esai, dll.) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
  • Strategi untuk menyusun butir tes yang baik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  • Kompilasi dan administrasi penilaian kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  • Mengevaluasi dan meningkatkan penilaian kelas Anda dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  • Grading atau menilai dan sistem pelaporan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  • Penggunaan tes standar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
  • Menginterpretasikan skor tes standar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
Tujuan kami (para dosen) adalah bahwa, pada saat Anda meninggalkan program ini, Anda akan mampu menunjukkan keterampilan intelektual berikut dalam setiap bidang pengujian dan penilaian pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia:
  • Pengetahuan (misalnya, mendefinisikan dan menggambarkan tujuan dan bentuk-bentuk penilaian yang berbeda).
  • Pemahaman (misalnya, membedakan jenis item yang sesuai/cocok dari yang tidak sesuai/tidak cocok untuk mengukur hasil belajar yang diberikan).
  • Aplikasi (misalnya, membangun tabel dua arah spesifikasi untuk perencanaan tes).
  • Analisis (misalnya, memilih tujuan utama belajar untuk satu aspek pembelajaran Bahasa Indonesia, misalnya, keterampilan berbicara)
  • Sintesis (misalnya, membuat tes kelas yang memenuhi standar profesional)
  • Evaluasi (misalnya, menginterpretasikan skor tes standar untuk orang tua).
Secara singkat, mata kuliah ini bertujuan untuk membelajarkan Anda tentang seperangkat prinsip yang dikembangkan dengan baik dan membantu Anda belajar menerapkannya dengan judgment yang baik. Tidak ada cookbook (resep) untuk penilaian yang baik, sebagaimana tidak ada resep yang paling ampuh untuk membantu siswa belajar. Keduanya mengharuskan Anda menjadi seorang yang reflektif, praktisi yang selalu mencari informasi untuk mendapatkan seni Anda sendiri.
4. ORGANISASI MATERI


 











































5.STRATEGI PERKULIAHAN

Perkuliahan ini dilaksanakan dalam bentuk presentasi mahasiswa. Namun untuk beberapa pertemuan awal, dosen akan mengantarkan topik-topik penting secara umum. Setiap mahasiswa mendapat, minimal, 2 topik untuk disajikan (bentuk presentasi lihat pada catatan). Setelah presentasi, dilaksanakan diskusi kelas untuk membahas, menanggapi, mengklarifikasi, memberi saran-saran, dan aplikasinya. Dosen akan memberikan tanggapan akhir dan meminta refleksi dari mahasiswa berkenaan dengan pelaksanaan perkuliahan hari itu. Perkuliahan evaluasi pengajaran bahasa setiap selesai mempelajari teori, langsung dilanjutkan dengan mempraktikkan secara tuntas.
Keberhasilan perkuliahan sangat ditentukan oleh kemauan, keseriusan, dan antusias mahasiswa dalam mengikuti dan berdiskusi. Oleh sebab itu, diharapkan semua mahasiswa mempersiapkan diri sebelum perkuliahan. Kami mendorong diskusi kelas. Kami juga mendorong Anda untuk berbagi pertanyaan, keluhan, saran, dan wawasan Anda dengan kami, baik melalui email, telepon. Kami menggunakan email, jadi silakan memeriksa email Anda secara teratur (sebaiknya daftarkan alamat email Anda kepada kami pada awal perkuliahan).


6. RUJUKAN PERKULIAHAN

Dimyat Akhadiah, Sabarti dkk. 1988. Evaluasi dalam Pengajaran Bahasa  Indonesia. Jakarta: P2LPTK Depdikbud.
Arikunto, Suharsimi. 1991. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2004. Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Harris, David P. 1977. Testing English as a Second Language. New Delhi: Tata Mc Grawhill Publishing Company.
Hughes, Arthur. 1989. Testing for Language Teachers. Cambridge: Cambrid University Press.
Nur, Muhammad. 1987. Pengantar Teori Tes. Jakarta :Depdikbud
Subino. 1987. Kontruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Teori Tes dan Pengukuran. Jakarta: Depdikbud
Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya
Warji dan Ischak S.W. 1987. Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty.
Sejumlah materi dari internet.




7. TUGAS PERKULIAHAN YANG HARUS DIPENUHI MAHASISWA

1.      Setiap mahasiswa mempunyai tugas membaca materi kuliah sebelum materi tersebut dibahas.
2.      Mahasiswa diwajibkan membuat laporan bacaan buku yang berhungan dengan evaluasi yang akan ditentukan kemudian.
Struktur Laporan Bacaan:
a.    Pendahuluan: berisi identitas buku yang dilaporkan secara rinci, yaitu; judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan, kota dan lembaga penerbit, tebal buku, garis besar isi buku,dll.
b.    Bagian buku (bab/subbab yang dilaporkan) disampaikan intisarinya dengan menggunakan bahasa sendiri.
c.    Komentar penulis tentang isi buku yang dilaporkan. Pada bagian ini pelapor dapat menggunakan rujukan lain sebagai pembanding dan atau penjelasan lebih lanjut.
d.   Penutup, pandangan penulis tentang buku yang dilaporkan, manfaat dan kritik.
                          
-     Tugas presentasi tiap minggu: mahasiswa diharuskan membuat makalah sederhana dengan membentuk kelompok kecil minimal 4 orang untuk membahas dan mempresentasikan materi perkuliahan sesuai yang ditentukan.
-     Evaluasi tengah semester dilakukan pada saat jadwal kuliah minggu kedelapan, dan evaluasi akhir semester mahasiswa diuji dengan soal-soal esai.
  1. Mahasiswa membuat makalah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan dikumpulkan bersama LJU saat mengikuti ujian akhir. Topik ditentuakan oleh dosen pembimbing.
  2. Tugas mandiri, diberikan kepada setiap mahasiswa untuk mendalami materi kuliah.
  3. Diakhir perkuliahan mahasiswa ditugaskan membuat rangkuman materi perkuliahan.




8. KRITERIA PENILIAN

Nilai akhir mahasiswa diperoleh dengan pembobotan sebagai berikut.

1. Kehadiran                                                   = 10 %
2. Nilai Proses (keaktifan di kelas)                 = 20 %
3. Nilai Kelompok                                           = 20 %
4. Nilai MID                                                   = 25 %
5. Nilai Semester                                             = 25 %

Kriteria penilaian merujuk pada peraturan akademik FKIP UIR, yaitu sebagai berikut :

Interval Nilai
Huruf Mutu
Angka Mutu
87-100
A
4
73-86
B
3
60-72
C
2
50-59
D
1
<50
E
0














9. JADWAL PERKULIAHAN

Pertemuan
Topik Bahasan
Rujukan
1
*   Pengertian Pengukuran, penilaian dan evaluasi
*   Penilaian Pendidikan
*   Mengapa Menilai?
*   Tujuan atau Fungsi Penialaian
*   Ciri-Ciri Penilaian dalam Pendidikan
*   Penilaian Berbasis Kelas (PBK)

o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
2
*   Subjek Evaluasi
*   Objek Evaluasi
*   Kegunaan Data Evaluasi
*   Program Evaluasi


o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
3
*   Prinsip Evaluasi
*   Bentuk Penialaian dan Bentuk Tagihan
*   Alat Evaluasi
·    Alat Penialain berbetuk Tes (mengukur ranah kognitif dan psikomotorik)
·    Alat Penilaian teknik nontes
·    Pengukuran ranah afektif


o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
o   M.NgalimPurwanto. 2008.
4

·         Teknik tes

·         Teknik nontes

·         Penerapan teknik tes dalam evaluasi pembelajaran bahasa

·         Penerapan teknik tes dalam evaluasi pembelajaran bahasa



o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008.

5

·         Penentuan Indikator keberhasilan keteramilan menyimak

·         Penyusunan kisi-kisi alat ukur keterampilan menyimak

·         Format alat ukur keterampialn menyimak

·         Penelaahan butir soal alat ukur keterampilan menyimak


o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008.
6

·         Penentuan Indikator keberhasilan keteramilan berbicara

·         Penyusunan kisi-kisi alat ukur keterampilan berbicara

·         Penulisan alat ukur keterampilan berbicara

·         Penelaahan butir soal alat ukur keterampilan berbicara

o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008.
7

·         Penentuan Indikator keberhasilan keterampilan membaca

·         Penyusunan kisi-kisi alat ukur keterampilan membaca

·         Format alat ukur keterampialn membaca

·         Penalaahan butir soal alat ukur keterampila membaca


o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008.
8

 Ujian Tengah Semester


9

·         Penentuan Indikator keberhasilan keterampilan menulis

·         Penyusunan kisi-kisi alat ukur keterampilan menulis

·         Penulisan alat ukur keterampila menulis

·         Penalaahan butir soal alat ukur keterampila menulis

 

o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008.
10

·         Tes langsung dan tak langsung (direct & indirect test)

·         Tes penempatan (placement test)

o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Muhammad Nur.1987
o   David PHarris. 1977
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008.
11

·         Tes tata bahasa (grammar test)

·         Tes apresiasi sastra (appreciation test)

o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Muhammad Nur.1987
o   David PHarris. 1977
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008
12

·         Pelaksanaan uji coba alat ukur (valid, reliabel, analisis butir soal dan objektif, praktis, baku.

·         Analisis data pengukuran

·         Interpretasi hasil analisis dan kelayakan alat ukur

o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Muhammad Nur.1987
o   David PHarris. 1977
o   Nana Sudjana. 1990
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008
13

·         Tugas

·         Kriteria penilaian

·         Asesmen portofolio

o    Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.

14-15

·         Pelaksanaan evalusi pembelajaran bahasa dari teknik pemberian skor

·         Penafsiran skor hasil pengujian

·         Pemanfaatan hasil evaluasi terpadu.

o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.

16
  • Memeriksa hasil tes objektif
  • Memeriksa hasil tes uraian
  • Mengolah data hasil tes
  • Pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar
  • Penilaian beracuan patokan dan beracuan norma (PAP dan PAN Asessment)

·          

o   Suharsimi Arikunto. 1991
o   Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o   Muhammad Nur.1987
o   David PHarris. 1977
o   Nana Sudjana. 1990
o   Nursal Hakim. 2007
o   Pujianti Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o   Adi suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008
17
Ujian Akhir Semester






10. KLAUSUL PERJANJIAN TATA TERTIB PERKULIAHAN

1.      Pada awal pertemuan kuliah setiap mahasiswa peserta mata kuliah yang bersangkutan diharuskan membuat kesepakatan/ kontrak perkuliahan.
2.      Selama kuliah berlangsung, peserta harus mematuhi peraturan FKIP UIR dan kontrak perkuliahan.
3.      Peserta perkuliahan dianggap sah apabila tercantum dalam daftar peserta (absen) perkuliahan.
4.      Semua mahasiswa diwajibkan mengikuti kuliah. Persyaratan untuk mengikuti UAS minimum 80% dari seluruh jam tatap muka pada semester yang bersangkutan.\
5.      Mahasiswa yang berhalangan hadir mengikuti perkuliahan karena alasan sangat penting harus menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada dosen mata kuliah yang bersangkutan selambat-lambatnya pada hari perkuliahan berikutnya.
6.      Mahasiswa diharuskan hadir di ruang perkuliahan sebelum kuliah dimulai, mahasiswa yang datang terlambat sesudah perkuliahan dimulai wajib meminta izin kepada dosen sebelum masuk ke ruang perkuliahan. Mahasiswa yang terlambat datang lebih dari 15 menit sesudah perkuliahan dimulai diperkenankan masuk ke ruang perkuliahan tetapi tidak dihitung absen.
7.      Bagi mahasiswa yang hadir mengikuti kuliah tetapi lupa absent, diberi kesempatan untuk mengklarifikasi pada hari tersebut. Apabila tidak diklarifikasi pada hari tersebut maka dianggap tidak menghadiri perkuliahan.
8.      Selama mengikuti perkuliahan mahasiswa diwajibkan berpakai rapid an bersepatu sesuai dengan norma-norma kesopanan, kepantasan dan ketentuan yang berlaku.
9.      Selama mengikuti perkuliahan mahasiswa dilarang melakukan aktivitas yang dapat mengganggu jalannya perkuliahan dan ketenangan mahasiswa lain. Dosen memberikan peringatan kepada mahasiswa yang mengganggu perkuliahan dan berhak mengeluarkan mahasiswa yang bersangkutan dari ruang perkuliahan apabila mahasiswa tetap mengganggu jalannya perkuliahan.
10.  Mahasiswa yang karena keperluan sangat mendesak terpaksa meninggalkan ruang perkuliahan pada waktu perkuliahan berlangsung wajib meminta izin kepada dosen.
11.  Selama kuliah HP dimatikan/disilent. Tidak diperkenankan ber SMS atau mengirim/menerima telepon selama perkuliahan kecuali sangat penting. Menjaga kesopanan dalam berkomunikasi dengan dosen baik secara langsung maupun lewat SMS/telp.
12.  Tidak dibenarkan melakukan kecurangan pada pengerjaan tugas terstruktur individu seperti mengcopy tugas mahasiswa lain. Jika sama akan berpengaruh pada penilaian.
13.  Jika tugas/makalah individu/kelompok tidak disiapkan saat akan prensentasi maka individu/kelompok tidak berhak tampil memprensentasikan materi.

Demikianlah klausul perjanjian kontrak perkuliahan ini dibuat dan mengikat kedua belah pihak, dan untuk ditaati bersama-sama.

An. Mahasiswa peserta kuliah                       Dosen pemangku mata kuliah,


      ________________________                        ________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar