PERANGKAT PEMBELAJARAN
MATA KULIAH EVALUASI PENGAJARAN BAHASA
KONTRAK PERKULIAHAN
Dosen Pemangku
ALBER, S.Pd.,
M.Pd.
NIDN. 101005881
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
HALAMAN PENGESAHAN
1. Identitas Mata Kuliah
- Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pengajaran Bahasa
- Kode Mata Kuliah : PBMN 23105
- Bobot SKS : 3 (tiga)
- Semester :
5 (lima)
- Status Mata Kuliah : Wajib
2. Identitas Dosen Pemangku :
- Nama :
Alber, S.Pd., M.Pd.
- NIDN :
1010058801
- Pangkat/Golongan : -
- Jabatan Akademik : -
- Jurusan/Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia
Pekanbaru, Januari 2013
Mengetahui
Ketua Jurusan/Prodi
Dosen Pemangku
Roziah, S.Pd., M.A. Alber, S.Pd., M.Pd.
NIDN. 1017048601 NIDN.
1010058801
Divalidasi oleh
Lembaga Penjamin Mutu FKIP Pembantu
Dekan I FKIP
UNiversitas Islam Riau Universitas
Islam Riau
Dr.
H. Elfis, M.Si.
NIP NIP.
19650409 119103 1004
KONTRAK
PERKULIAHAN
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia
Kode Mata Kuliah : PBMN 23105
Dosen Pemangku : Alber, S.Pd., M.Pd.
Semester : Ganjil
1. MANFAAT MATA
KULIAH
|
Manfaat mempelajari mata kuliah
ini agar mahasiswa menguasai konsep, prinsip, serta prosedur evaluasi dan
asesmen serta pengembangan keterampilan dalam merencanakan, menyusun,
melaksanakan, menganalisis berpijak pada validitas, relabilitas,dan tingkat
kesukaran soal serta menilai hasil analisis evaluasi pembelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia dari berbagai aspek keterampilan (membaca, menulis, menyimak,
dan berbicara). Fokus utama adalah pemahaman konsep dan penyusunan
bermacam-macam bentuk soal.
2. DESKRIPSI
MATA KULIAH
|
Matakuliah ini mengkaji dan
menganalisis konsep, prinsip, serta prosedur evaluasi dan asesmen serta
pengembangan keterampilan dalam merencanakan, menyusun, melaksanakan,
menganalisis berpijak pada validitas, relabilitas,dan tingkat kesukaran soal
serta menilai hasil analisis evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
dari berbagai aspek keterampilan (membaca, menulis, menyimak, dan berbicara).
Fokus utama adalah pemahaman konsep dan penyusunan bermacam-macam bentuk soal.
3. TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
|
Pengujian dan penilaian merupakan bagian penting
dari proses pembelajaran. Ketika dilakukan dengan benar, keduanya tidak hanya bisa mengevaluasi dengan efektif, tetapi juga meningkatkan proses belajar siswa dan proses
mengajar guru. Ketika dilakukan dengan
buruk, keduanya dapat
membingungkan dan mengasingkan siswa, mendistorsi kurikulum, dan menghalangi pembelajaran
yang
baik. Skor tes dan nilai
kadang-kadang mempengaruhi keputusan
"berisiko tinggi" tentang siswa, mendorong intensitas
perhatian
bahwa keduanya akan dapat akurat dan adil.
Pengujian dalam bidang pendidikan telah
menjadi isu nasional dalam dua dekade terakhir, dan tes di tingkat kabupaten, provinsi, atau nasional sekarang sering digunakan sebagai
alat untuk meningkatkan pengajaran, dan sekolah diharapkan terus bertanggung jawab
atas kualitas proses dan pengajaran. Tren baru dalam pengukuran pendidikan telah menyebabkan para pendidik memikirkan kembali tentang penilaian. Misalnya, sampai sejauh mana guru atau
sekolah harus bergeser dari tes
tradisional dan sistem penilaian ke penilaian “otentik” dan portofolio pekerjaan
siswa? Singkatnya, pengujian dan penilaian tidak hanya penting dan secara umum dianggap begitu, tetapi juga berfluktuasi.
Menyadari hubungan antara penilaian yang baik dan
pengajaran yang baik, profesi ini telah mengadopsi standar kompetensi guru
dalam penilaian pendidikan. Mata
Kuliah ini dirancang untuk membantu Anda memenuhi standar profesional, memahami tekanan publik maupun kebutuhan
instruksional untuk penilaian yang baik.
MK ini akan mencakup area konten berikut umum:
- Perdebatan publik seputat tes dan penilaian (Kasus Bahasa Indonesia)
- Hubungan penilaian dengan pembelajaran
- Kualitas penilaian
- Tujuan dan bentuk penilaian kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Proses perencanaan suatu penilaian kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Keuntungan dan keterbatasan jenis butie tes yang berbeda (benar-salah, esai, dll.) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
- Strategi untuk menyusun butir tes yang baik dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia
- Kompilasi dan administrasi penilaian kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Mengevaluasi dan meningkatkan penilaian kelas Anda dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Grading atau menilai dan sistem pelaporan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Penggunaan tes standar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menginterpretasikan skor tes standar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
Tujuan kami (para dosen) adalah bahwa, pada saat Anda meninggalkan program ini,
Anda akan mampu menunjukkan keterampilan intelektual berikut dalam setiap
bidang pengujian dan penilaian pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia:
- Pengetahuan (misalnya,
mendefinisikan dan menggambarkan tujuan dan bentuk-bentuk penilaian yang
berbeda).
- Pemahaman (misalnya,
membedakan jenis item yang sesuai/cocok dari yang tidak
sesuai/tidak cocok untuk mengukur hasil belajar yang diberikan).
- Aplikasi (misalnya,
membangun tabel dua arah
spesifikasi untuk perencanaan tes).
- Analisis (misalnya, memilih tujuan utama belajar untuk satu aspek pembelajaran Bahasa Indonesia, misalnya, keterampilan berbicara)
- Sintesis (misalnya,
membuat tes kelas yang memenuhi standar profesional)
- Evaluasi (misalnya,
menginterpretasikan skor tes standar untuk orang tua).
Secara singkat, mata kuliah ini bertujuan untuk membelajarkan Anda tentang seperangkat prinsip yang dikembangkan dengan baik dan membantu
Anda belajar menerapkannya dengan judgment yang baik. Tidak ada cookbook (resep) untuk penilaian yang baik, sebagaimana tidak ada resep yang
paling ampuh untuk membantu siswa belajar. Keduanya mengharuskan Anda menjadi seorang yang reflektif, praktisi yang selalu
mencari informasi untuk mendapatkan seni Anda sendiri.
4. ORGANISASI
MATERI
|
5.STRATEGI
PERKULIAHAN
|
Perkuliahan ini dilaksanakan dalam bentuk
presentasi mahasiswa. Namun untuk beberapa pertemuan awal, dosen akan
mengantarkan topik-topik penting secara umum. Setiap mahasiswa mendapat,
minimal, 2 topik untuk
disajikan (bentuk presentasi lihat pada catatan). Setelah presentasi,
dilaksanakan diskusi kelas untuk membahas, menanggapi, mengklarifikasi, memberi
saran-saran, dan aplikasinya. Dosen akan memberikan tanggapan akhir dan meminta
refleksi dari mahasiswa berkenaan dengan pelaksanaan perkuliahan hari itu.
Perkuliahan evaluasi pengajaran bahasa setiap selesai mempelajari teori,
langsung dilanjutkan dengan mempraktikkan secara tuntas.
Keberhasilan perkuliahan sangat ditentukan
oleh kemauan, keseriusan, dan antusias mahasiswa dalam mengikuti dan
berdiskusi. Oleh sebab itu, diharapkan semua mahasiswa mempersiapkan diri
sebelum perkuliahan. Kami mendorong diskusi kelas. Kami
juga
mendorong Anda untuk berbagi pertanyaan, keluhan, saran, dan wawasan Anda dengan kami, baik melalui email, telepon.
Kami
menggunakan email, jadi silakan memeriksa email Anda secara teratur (sebaiknya daftarkan alamat email Anda kepada
kami pada awal perkuliahan).
6. RUJUKAN
PERKULIAHAN
|
Dimyat Akhadiah,
Sabarti dkk. 1988. Evaluasi dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: P2LPTK Depdikbud.
Arikunto, Suharsimi. 1991. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2004. Penilaian
Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Harris, David P. 1977. Testing English as a Second Language.
New Delhi: Tata Mc Grawhill Publishing Company.
Hughes, Arthur. 1989. Testing
for Language Teachers. Cambridge: Cambrid University Press.
Nur, Muhammad. 1987. Pengantar Teori Tes. Jakarta :Depdikbud
Subino. 1987. Kontruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Teori
Tes dan Pengukuran. Jakarta: Depdikbud
Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Belajar Mengajar.
Bandung: Rosda Karya
Warji dan Ischak S.W. 1987. Program
Remedial dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty.
Sejumlah materi dari internet.
7. TUGAS
PERKULIAHAN YANG HARUS DIPENUHI MAHASISWA
|
1.
Setiap mahasiswa mempunyai tugas membaca materi kuliah
sebelum materi tersebut dibahas.
2.
Mahasiswa diwajibkan membuat laporan bacaan buku yang
berhungan dengan evaluasi yang akan
ditentukan kemudian.
Struktur Laporan Bacaan:
a.
Pendahuluan: berisi
identitas buku yang dilaporkan secara rinci, yaitu; judul buku, pengarang,
penerbit, tahun terbit, cetakan, kota dan lembaga penerbit, tebal buku, garis
besar isi buku,dll.
b.
Bagian buku (bab/subbab
yang dilaporkan) disampaikan intisarinya dengan menggunakan bahasa sendiri.
c.
Komentar penulis tentang
isi buku yang dilaporkan. Pada bagian ini pelapor dapat menggunakan rujukan
lain sebagai pembanding dan atau penjelasan lebih lanjut.
d.
Penutup, pandangan
penulis tentang buku yang dilaporkan, manfaat dan kritik.
-
Tugas presentasi tiap
minggu: mahasiswa diharuskan membuat makalah sederhana dengan membentuk
kelompok kecil minimal 4 orang untuk membahas dan
mempresentasikan materi perkuliahan sesuai yang ditentukan.
-
Evaluasi tengah semester
dilakukan pada saat jadwal kuliah minggu kedelapan, dan evaluasi akhir semester
mahasiswa diuji dengan soal-soal esai.
- Mahasiswa membuat makalah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan dikumpulkan bersama LJU saat mengikuti ujian akhir. Topik ditentuakan oleh dosen pembimbing.
- Tugas mandiri, diberikan kepada setiap mahasiswa untuk mendalami materi kuliah.
- Diakhir perkuliahan mahasiswa ditugaskan membuat rangkuman materi perkuliahan.
8. KRITERIA
PENILIAN
|
Nilai akhir mahasiswa diperoleh
dengan pembobotan sebagai berikut.
1. Kehadiran =
10 %
2. Nilai Proses (keaktifan di
kelas) = 20 %
3. Nilai Kelompok = 20
%
4. Nilai MID =
25 %
5. Nilai Semester =
25 %
Kriteria penilaian merujuk pada
peraturan akademik FKIP UIR, yaitu sebagai berikut :
Interval Nilai
|
Huruf Mutu
|
Angka Mutu
|
87-100
|
A
|
4
|
73-86
|
B
|
3
|
60-72
|
C
|
2
|
50-59
|
D
|
1
|
<50
|
E
|
0
|
9. JADWAL
PERKULIAHAN
|
Pertemuan
|
Topik Bahasan
|
Rujukan
|
1
|
Pengertian
Pengukuran, penilaian dan evaluasi
Penilaian
Pendidikan
Mengapa
Menilai?
Tujuan
atau Fungsi Penialaian
Ciri-Ciri
Penilaian dalam Pendidikan
Penilaian
Berbasis Kelas (PBK)
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
|
2
|
Subjek
Evaluasi
Objek
Evaluasi
Kegunaan
Data Evaluasi
Program
Evaluasi
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
|
3
|
Prinsip
Evaluasi
Bentuk
Penialaian dan Bentuk Tagihan
Alat
Evaluasi
·
Alat Penialain berbetuk Tes (mengukur ranah
kognitif dan psikomotorik)
·
Alat Penilaian teknik nontes
·
Pengukuran ranah afektif
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
o
M.NgalimPurwanto.
2008.
|
4
|
·
Teknik
tes
·
Teknik
nontes
·
Penerapan
teknik tes dalam evaluasi pembelajaran bahasa
·
Penerapan
teknik tes dalam evaluasi pembelajaran bahasa
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto.
2008.
|
5
|
·
Penentuan
Indikator keberhasilan keteramilan menyimak
·
Penyusunan
kisi-kisi alat ukur keterampilan menyimak
·
Format
alat ukur keterampialn menyimak
·
Penelaahan
butir soal alat ukur keterampilan menyimak
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto.
2008.
|
6
|
·
Penentuan
Indikator keberhasilan keteramilan berbicara
·
Penyusunan
kisi-kisi alat ukur keterampilan berbicara
·
Penulisan
alat ukur keterampilan berbicara
·
Penelaahan
butir soal alat ukur keterampilan berbicara
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto.
2008.
|
7
|
·
Penentuan
Indikator keberhasilan keterampilan membaca
·
Penyusunan
kisi-kisi alat ukur keterampilan membaca
·
Format
alat ukur keterampialn membaca
·
Penalaahan
butir soal alat ukur keterampila membaca
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto.
2008.
|
8
|
Ujian Tengah Semester
|
|
9
|
·
Penentuan
Indikator keberhasilan keterampilan menulis
·
Penyusunan
kisi-kisi alat ukur keterampilan menulis
·
Penulisan
alat ukur keterampila menulis
·
Penalaahan
butir soal alat ukur keterampila menulis
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto.
2008.
|
10
|
·
Tes langsung dan tak langsung (direct & indirect test)
·
Tes penempatan (placement test)
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Muhammad Nur.1987
o
David PHarris. 1977
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto.
2008.
|
11
|
·
Tes tata bahasa (grammar test)
·
Tes apresiasi sastra (appreciation test)
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Muhammad Nur.1987
o
David PHarris. 1977
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008
|
12
|
·
Pelaksanaan uji coba alat
ukur (valid, reliabel, analisis butir soal dan objektif, praktis, baku.
·
Analisis data pengukuran
·
Interpretasi hasil
analisis dan kelayakan alat ukur
|
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Muhammad Nur.1987
o
David PHarris. 1977
o
Nana Sudjana. 1990
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto. 2008
|
13
|
·
Tugas
·
Kriteria penilaian
·
Asesmen portofolio
|
o
Nursal Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
|
14-15
|
·
Pelaksanaan evalusi
pembelajaran bahasa dari teknik pemberian skor
·
Penafsiran skor hasil
pengujian
·
Pemanfaatan hasil
evaluasi terpadu.
|
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
|
16
|
· |
o
Suharsimi Arikunto. 1991
o
Sabarti Alkhaidah dkk. 1988
o
Muhammad Nur.1987
o
David PHarris. 1977
o
Nana Sudjana. 1990
o
Nursal
Hakim. 2007
o
Pujianti
Suyanto dan IIm Rahmina. 1999
o
Adi
suryanto. 2008.
M.NgalimPurwanto.
2008
|
17
|
Ujian Akhir Semester
|
|
10. KLAUSUL
PERJANJIAN TATA TERTIB PERKULIAHAN
|
1.
Pada awal pertemuan kuliah setiap mahasiswa peserta
mata kuliah yang bersangkutan diharuskan membuat kesepakatan/ kontrak
perkuliahan.
2.
Selama kuliah berlangsung, peserta harus mematuhi
peraturan FKIP UIR dan kontrak perkuliahan.
3.
Peserta perkuliahan dianggap sah apabila tercantum
dalam daftar peserta (absen) perkuliahan.
4.
Semua mahasiswa diwajibkan mengikuti kuliah.
Persyaratan untuk mengikuti UAS minimum 80% dari seluruh jam tatap muka pada
semester yang bersangkutan.\
5.
Mahasiswa yang berhalangan hadir mengikuti perkuliahan
karena alasan sangat penting harus menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada
dosen mata kuliah yang bersangkutan selambat-lambatnya pada hari perkuliahan
berikutnya.
6.
Mahasiswa diharuskan hadir di ruang perkuliahan sebelum
kuliah dimulai, mahasiswa yang datang terlambat sesudah perkuliahan dimulai
wajib meminta izin kepada dosen sebelum masuk ke ruang perkuliahan. Mahasiswa
yang terlambat datang lebih dari 15 menit sesudah perkuliahan dimulai
diperkenankan masuk ke ruang perkuliahan tetapi tidak dihitung absen.
7.
Bagi mahasiswa yang hadir mengikuti kuliah tetapi lupa
absent, diberi kesempatan untuk mengklarifikasi pada hari tersebut. Apabila
tidak diklarifikasi pada hari tersebut maka dianggap tidak menghadiri perkuliahan.
8.
Selama mengikuti perkuliahan mahasiswa diwajibkan
berpakai rapid an bersepatu sesuai dengan norma-norma kesopanan, kepantasan dan
ketentuan yang berlaku.
9.
Selama mengikuti perkuliahan mahasiswa dilarang
melakukan aktivitas yang dapat mengganggu jalannya perkuliahan dan ketenangan
mahasiswa lain. Dosen memberikan peringatan kepada mahasiswa yang mengganggu
perkuliahan dan berhak mengeluarkan mahasiswa yang bersangkutan dari ruang
perkuliahan apabila mahasiswa tetap mengganggu jalannya perkuliahan.
10. Mahasiswa
yang karena keperluan sangat mendesak terpaksa meninggalkan ruang perkuliahan
pada waktu perkuliahan berlangsung wajib meminta izin kepada dosen.
11. Selama
kuliah HP dimatikan/disilent. Tidak diperkenankan ber SMS atau
mengirim/menerima telepon selama perkuliahan kecuali sangat penting. Menjaga
kesopanan dalam berkomunikasi dengan dosen baik secara langsung maupun lewat
SMS/telp.
12. Tidak
dibenarkan melakukan kecurangan pada pengerjaan tugas terstruktur individu
seperti mengcopy tugas mahasiswa lain. Jika sama akan berpengaruh pada
penilaian.
13. Jika
tugas/makalah individu/kelompok tidak disiapkan saat akan prensentasi maka
individu/kelompok tidak berhak tampil memprensentasikan materi.
Demikianlah klausul perjanjian
kontrak perkuliahan ini dibuat dan mengikat kedua belah pihak, dan untuk
ditaati bersama-sama.
An. Mahasiswa
peserta kuliah Dosen pemangku mata kuliah,
________________________ ________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar