SILABUS
MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
OLEH
ALBERT, S.Pd., M.Pd.
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU
2012
SILABUS MATA KULIAH
A.
Informasi
Umum
1. Nama Mata
Kuliah : Belajar dan Pembelajaran
3. Kode Mata
Kuliah : PENN 22103
4. Bobot SKS : 4 (empat)
5. Program
Studi : Bahasa dan Sastra Indonesia
6. Semester : III (tiga)
7. Dosen : Albert, S.Pd., M.Pd.
B.
Deskripsi
Mata Kuliah
Matakuliah ini mengkaji dan
menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan
upaya pembelajaran yang bersifat preskreptif dilandasi
berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non
desain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek
pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya
pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Analisis kasus praktek
pembelajaran.
C.
Tujuan
Perkuliahan
Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran
memiliki kompetensi
umum dan khusus yaitu:
1.
Kompetensi
Umum
Setelah
berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP Universitas Islam Riau yang
mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
Menganalisis
teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, mengembangkan model pembelajaran
yang berpijak pada berbagai pandangan tentang teori belajar, memanfaatkan
sumber belajar dalam pembelajaran dan menganalisis kasus dalam pembelajaran.
2. Kompetensi Khusus
Setelah berakhirnya semester ketiga
mahasiswa FKIP Universiatas Islam Riau yang mengikuti perkuliahan ini akan
mampu:
1.
Mengidentifikasi teori belajar yang bersumber dari teori: behvioristik,
kognitif, kontruktivistik.
2.
Mengidentifikasi pembelajaran yang berpijak pada teori behvioristik, kognitif,
kontruktivistik.
3. Menjelaskan azas
dan prinsip Belajar dan Pembelajaran
4.
Memberikan contoh-contoh pembelajaran yang berpijak pada teori belajar
behvioristik, kognitif, kontruktivistik.
5. Mendeskripsikan
sumber belajar yang didesan.
6. Mendeskripsikan
sumber belajar yang dimanfaatkan (nondesain).
7. Membandingkan
antar teori belajar
8.
Membandingkan pembelajaran yang berpijak pada behvioristik, kognitif,
kontruktivistik.
9.
Menjunjukan kasus pembelajaran di kelas yang berpijak pada behvioristik,
kognitif, kontruktivistik.
10.
Membuat model pembelajaran yang berpijak pada behvioristik, kognitif,
kontruktivistik.
11. Mengevaluasi praktek pembelajaran berdasarkan
landasan teoritik dari teori belajar dan pembelajaran.
D.
Evaluasi
Keberhasilan
mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan
dalam:
a.
Kehadiran :
10%
b. Partisipasi kegiatan kelas : 20%
c.
Tugas :
20%
d. Ujian Tengah
Semester :
20%
e.
Ujian Akhir Semester : 30%
E.
Kegiatan
Perkuliahan
Mata
kuliah ini dibina oleh dosen yang
bersangkutan, metode yang digunakan yaitu:
a. Ceramah dan tanya jawab
b. Penugasan secara
kelompok dan presntasi atas hasil penelusuran dan melakukan kajian, analisis serta evaluasi terhadap teori
belajar dan pembelajaran.
c. Penugasan secara
kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran di
kelas.
d. Penugasan secara
individual untuk penelusuran sumber-sumber teori belajar dan pembelajaran.
F.
Tugas
-
Kuliah dimulai sesuai dengan jadwal tatap muka.
-
Mahasiswa diwajibkan membuat laporan bacaan buku yang berhungan dengan belajar dan pembelajran yang akan
ditentukan kemudian.
Struktur Laporan
Bacaan:
a.
Pendahuluan: berisi identitas buku yang dilaporkan secara rinci, yaitu;
judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan, kota dan lembaga
penerbit, tebal buku, garis besar isi buku,dll.
b.
Bagian buku (bab/subbab yang dilaporkan) disampaikan intisarinya dengan
menggunakan bahasa sendiri.
c.
Komentar penulis tentang isi buku yang dilaporkan. Pada bagian ini pelapor
dapat menggunakan rujukan lain sebagai pembanding dan atau penjelasan lebih
lanjut.
d.
Penutup, pandangan penulis tentang buku yang dilaporkan, manfaat dan kritik.
-
Tugas presentasi tiap minggu: mahasiswa diharuskan membuat makalah
sederhana dengan membentuk kelompok kecil minimal 5 orang untuk membahas dan mempresentasikan
materi perkuliahan sesuai yang ditentukan.
-
Evaluasi tengah semester dilakukan pada saat jadwal kuliah minggu
kedelapan, dan evaluasi akhir semester mahasiswa diuji dengan soal-soal esai.
-
Mahasiswa membuat makalah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar dan dikumpulkan bersama LJU saat mengikuti ujian akhir. Topik ditentuakan oleh dosen pembimbing.
G.
GBPP
Minggu ke
|
Pokok Bahasan
|
Pembahasan
|
Sumber
|
1.
|
Pengantar
|
· Silabus,
gambaran umum perkuliahan, dan pengantar pembelajaran
secara umum
|
1,2,3,
8
|
2.
|
Hakikat
Belajar dan Pembelajaran
|
·
Pengertian
belajar dan cirri-ciri belajar
·
Jenis
belajar menurut para ahli
·
Pengertian
dan cirri pembelajaran
·
Tujuan
belajar dan pembelajaran
|
1,2,3,5,
8
|
3.
|
Prinsip-prinsip
Belajar dan Asas Pembelajaran
|
·
Prinsip-prinsip
belajar
·
Implikasi
prisip-prinsip belajar bagi siswa
·
Implikasi
prisip-prinsip belajar bagi guru
|
1, 2.3,5,
8
|
4.
|
Teori-teori
Balajar dan Penerapannya
|
·
Teori
deskriptif dan preskriptif
·
Teori
belajar behavioristik
·
Teori
belajar kognitivistik
·
Teori
belajar humanistic
·
Teori
belajar konstrukvistik
|
1, 2, 3, 8, 10
|
5.
|
Motivasi Belajar
|
·
Pengertian
motivasi
·
Jenis
dan sumber motivasi
·
Peran
motivasi dalam belajar dan pembelajaran
·
Model
motivasi ARCS
·
Unsur-unsur
yang mempengaruhi motivasi belajar
·
Upaya-upaya
memotivasi dalam belajar
|
1,2,3,8
|
6.
|
Pendekatan
Pembelajaran
|
·
Pendekatan
, Strategi, dan metode
·
Jenis-jenis
metode pembelajaran dan penerapannya
·
Pengorganisasian
siswa
·
Pendekatan
Quantum Teaching
·
Pendekata
Multiple Integences
·
Pendekatan
E-Learning
·
Pendekatan
belar aktif (Active Learning)
·
Pendekatan
Konstektual
·
Pendekatan
Belajar berbasis sekolah
·
Pendekatan
Belajar kooperatif
|
1,2,3,6,7,8,9
|
7.
|
Sumber
Belajar
|
·
Pengertian
sumber belajar
·
Macam-macam
sumber belajar
·
Manfaat
sumber belajar dalam belajar dan pembelajaran
·
Pendekatan
Belajar berbasis masalah
|
7,8
|
8.
|
UTS
|
|
|
9.
|
Model-model
Pembelajaran
|
·
Model
Pengajaran lansung (direct
Instructtiaon)
·
Model
Pembelajaran Inkuiri
·
Model
pembelajaran cooperative learning
|
4,6 7,8,
9
|
10.
|
Belajar
Kooperatif (Coopertive Learning)
|
·
Lima
unsur model pembelajaran cooperative
learning
·
Pengelolaan
kelas cooperative learning
·
Teknik-teknik
pembelajaran cooperative learning
|
4,6, 7,8,9
|
11.
|
Konsep
Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
|
·
Pengukuran,
penilaian, evaluasi
·
Kedudukan
evaluasi dalam proses pendidikan
·
Syarat-syarat
umum evaluasi
·
Subjek
dan objek evaluasi
·
Evaluasi
hasil belajar
·
Evaluasi
Pembelajaran
|
1,2,3,4,
8
|
12.
|
Kurikulum
|
·
Pengertian
kurikulum
·
Landasan
kurikulum
·
Prinsip
pengembangan kurikulum
·
Pendekatan
Kurikulum
·
KBK
·
KTSP
·
Faktor-faktor
penyebab perubahan kurikulum
|
2, 8,
|
13.
|
Kondisi
Belajar dan Masalah-masalah Belajar
|
·
Pengertian
kondisi belajar
·
Maslah-masalah
intern belajar
·
Masalah-masalah
ekstern belar
·
Cara
mendiagnosa masalah belajar dan mengatasinya
|
2, 5,8,10
|
14.
|
Analisis
Kasus Pembelajaran di Kelas
|
·
Studi
Lapangan
|
-
|
15-17
|
Pembahasan
Kasus Pembelajaran di Kelas
|
·
Interpretatif
kasus
|
-
|
18
|
UAS
|
|
|
H.
Referensi
1.
Budiningsih, C. Asri.2005.
Belajar dan Pembelajaran .
Jakarta: Rineka Cipata
2.
Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta
3.
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan
Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
4.
Lie, Anita. 2008. Cooperativ
Learning: Mempraktikkan Cooperatve Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta:
PT Gramedia
5.
Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Psikologi
Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
6.
Pribadi, Benny A. 2011. Model
Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
7.
Trianto. 2007. Model-model
Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi
Pustaka
8.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara.2010. Teori Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia
9.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative
Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
10. Seifert, Kelvin.
2007. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan.Jogjakarta:
Ircisod
I.
Peraturan
Kelas
1.
Mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan
dengan memakai celana jeans atau sejenisnya, baju kaos dan sandal.
2.
Mahasiswa dapat mengikuti ujian akhir semester apabila
menghadiri pertemuan intensif tatap muka perkuliahan sebanyak minimal 80%.
3.
Jika ditemukan adanya indikasi plagiarisme dalam
mengerjakan tugas maka nilai yang bersangkutan tidak akan dikeluarkan.
4. Mahasiswa
harus menyerahkan tugas sesuai jadwal yang ditetapkan dan dosen segera
memberikan umpan balik.
5. Bila
dosen belum hadir, setelah lima belas menit dari jadwal yang ditetapkan ketua
kelas harus menghubungi dosen via telepon.
6. Semua
anggota kelas sepakat mencapai kesuksesan dalam perkuliahan ini dengan lebih
mengembangkan iklim koperatif daripada iklim kompetitif.
7. Semua
hambatan yang dihadapi dalam perkuliahan ini segera dibicarakan dengan dosen
pembina dan dosen wajib memfasilitasi.
Pekanbaru, Juli
2012
Albert,
S.Pd., M.Pd.
HP: 0812 7644 6817
Tidak ada komentar:
Posting Komentar