Selasa, 07 Agustus 2012

SILABUS BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


SILABUS
MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN









 












OLEH


ALBERT, S.Pd., M.Pd.








PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU
2012





SILABUS MATA KULIAH

                       

A.    Informasi Umum

1. Nama Mata Kuliah                    : Belajar dan Pembelajaran
3. Kode Mata Kuliah                    : PENN 22103
4. Bobot SKS                                : 4 (empat)
5. Program Studi                           : Bahasa dan Sastra Indonesia
6. Semester                                    : III (tiga)
7. Dosen                                        : Albert, S.Pd., M.Pd.



B.     Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran yang bersifat preskreptif dilandasi berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Analisis kasus praktek pembelajaran.

C.    Tujuan Perkuliahan

Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran memiliki kompetensi umum dan khusus yaitu:
1.    Kompetensi Umum
Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP Universitas Islam Riau yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
Menganalisis teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, mengembangkan model pembelajaran yang berpijak pada berbagai pandangan tentang teori belajar, memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran dan menganalisis kasus dalam pembelajaran.

2.   Kompetensi Khusus
      Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP Universiatas Islam Riau yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
1. Mengidentifikasi teori belajar yang bersumber dari teori: behvioristik, kognitif, kontruktivistik.
2. Mengidentifikasi pembelajaran yang berpijak pada teori behvioristik, kognitif, kontruktivistik.
3. Menjelaskan azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran
4. Memberikan contoh-contoh pembelajaran yang berpijak pada teori belajar behvioristik, kognitif, kontruktivistik.
5. Mendeskripsikan sumber belajar yang didesan.
6. Mendeskripsikan sumber belajar yang dimanfaatkan (nondesain).
7. Membandingkan antar teori belajar
8. Membandingkan pembelajaran yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.
9. Menjunjukan kasus pembelajaran di kelas yang berpijak pada behvioristik,
      kognitif, kontruktivistik.
10. Membuat model pembelajaran yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.
11. Mengevaluasi praktek pembelajaran berdasarkan landasan teoritik dari teori belajar dan pembelajaran.


D.    Evaluasi


Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
a. Kehadiran                                                          : 10%
b. Partisipasi kegiatan kelas                                  : 20%
c. Tugas                                                                 : 20%
d. Ujian Tengah Semester                                     : 20%
e. Ujian Akhir Semester                                        : 30%

E.     Kegiatan Perkuliahan


Mata kuliah ini dibina oleh  dosen yang bersangkutan, metode yang digunakan yaitu:
a. Ceramah dan tanya jawab
b. Penugasan secara kelompok dan presntasi atas hasil penelusuran dan melakukan kajian,   analisis serta evaluasi terhadap teori belajar dan pembelajaran.
c. Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran di kelas.
d. Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber teori belajar dan pembelajaran.

F.     Tugas


-     Kuliah dimulai sesuai dengan jadwal tatap muka.
-     Mahasiswa diwajibkan membuat laporan bacaan buku yang berhungan dengan belajar dan pembelajran yang akan ditentukan kemudian.
Struktur Laporan Bacaan:
a.    Pendahuluan: berisi identitas buku yang dilaporkan secara rinci, yaitu; judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan, kota dan lembaga penerbit, tebal buku, garis besar isi buku,dll.
b.    Bagian buku (bab/subbab yang dilaporkan) disampaikan intisarinya dengan menggunakan bahasa sendiri.
c.    Komentar penulis tentang isi buku yang dilaporkan. Pada bagian ini pelapor dapat menggunakan rujukan lain sebagai pembanding dan atau penjelasan lebih lanjut.
d.   Penutup, pandangan penulis tentang buku yang dilaporkan, manfaat dan kritik.

-     Tugas presentasi tiap minggu: mahasiswa diharuskan membuat makalah sederhana dengan membentuk kelompok kecil minimal 5 orang untuk membahas dan mempresentasikan materi perkuliahan sesuai yang ditentukan.
-     Evaluasi tengah semester dilakukan pada saat jadwal kuliah minggu kedelapan, dan evaluasi akhir semester mahasiswa diuji dengan soal-soal esai.
-     Mahasiswa membuat makalah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan dikumpulkan bersama LJU saat mengikuti ujian akhir. Topik ditentuakan oleh dosen pembimbing.


G.    GBPP



Minggu ke

Pokok Bahasan

Pembahasan

Sumber
1.
Pengantar


·   Silabus, gambaran umum  perkuliahan, dan pengantar pembelajaran secara umum
1,2,3, 8
2.
Hakikat Belajar dan Pembelajaran
·   Pengertian belajar dan cirri-ciri belajar
·   Jenis belajar menurut para ahli
·   Pengertian dan cirri pembelajaran
·   Tujuan belajar dan pembelajaran

1,2,3,5, 8
3.
Prinsip-prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran
·   Prinsip-prinsip belajar
·   Implikasi prisip-prinsip belajar bagi siswa
·   Implikasi prisip-prinsip belajar bagi guru


1, 2.3,5, 8
4.
Teori-teori Balajar dan Penerapannya
·   Teori deskriptif dan preskriptif
·   Teori belajar behavioristik
·   Teori belajar kognitivistik
·   Teori belajar humanistic
·   Teori belajar konstrukvistik

1, 2, 3, 8, 10
5.
Motivasi Belajar
·   Pengertian motivasi
·   Jenis dan sumber motivasi
·   Peran motivasi dalam belajar dan pembelajaran
·   Model motivasi ARCS
·   Unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar
·   Upaya-upaya memotivasi dalam belajar

1,2,3,8
6.
Pendekatan Pembelajaran
·   Pendekatan , Strategi, dan metode
·   Jenis-jenis metode pembelajaran dan penerapannya
·   Pengorganisasian siswa
·   Pendekatan Quantum Teaching
·   Pendekata Multiple Integences
·   Pendekatan  E-Learning
·   Pendekatan belar aktif (Active Learning)
·   Pendekatan Konstektual
·   Pendekatan Belajar berbasis sekolah
·   Pendekatan Belajar kooperatif


1,2,3,6,7,8,9
7.
Sumber Belajar
·   Pengertian sumber belajar
·   Macam-macam sumber belajar
·   Manfaat sumber belajar dalam belajar dan pembelajaran
·   Pendekatan Belajar berbasis masalah

7,8
8.
UTS


9.
Model-model Pembelajaran
·   Model Pengajaran lansung (direct Instructtiaon)
·   Model Pembelajaran Inkuiri
·   Model pembelajaran cooperative learning


4,6 7,8, 9
10.
Belajar Kooperatif (Coopertive Learning)
·   Lima unsur model pembelajaran cooperative learning
·   Pengelolaan kelas cooperative learning
·   Teknik-teknik pembelajaran cooperative learning

4,6, 7,8,9
11.
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
·   Pengukuran, penilaian,  evaluasi
·   Kedudukan evaluasi dalam proses pendidikan
·   Syarat-syarat umum evaluasi
·   Subjek dan objek evaluasi
·   Evaluasi hasil belajar
·   Evaluasi Pembelajaran

1,2,3,4, 8
12.
Kurikulum
·   Pengertian kurikulum
·   Landasan kurikulum
·   Prinsip pengembangan kurikulum
·   Pendekatan Kurikulum
·   KBK
·   KTSP
·   Faktor-faktor penyebab perubahan kurikulum

2, 8,
13.
Kondisi Belajar dan Masalah-masalah Belajar
·   Pengertian kondisi belajar
·   Maslah-masalah intern belajar
·   Masalah-masalah ekstern belar
·   Cara mendiagnosa masalah belajar dan mengatasinya
 2, 5,8,10
14.
Analisis Kasus Pembelajaran di Kelas
·   Studi Lapangan

-
15-17
Pembahasan Kasus Pembelajaran di Kelas

·   Interpretatif kasus

-
18
UAS




H.    Referensi


1.      Budiningsih, C. Asri.2005.  Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipata
2.      Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
3.      Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
4.      Lie, Anita. 2008. Cooperativ Learning: Mempraktikkan Cooperatve Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia
5.      Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
6.      Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
7.      Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka
8.      Siregar, Eveline dan Hartini Nara.2010. Teori Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia
9.      Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
10.  Seifert, Kelvin. 2007. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan.Jogjakarta: Ircisod


I.       Peraturan Kelas


1.      Mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan dengan memakai celana jeans atau sejenisnya, baju kaos dan sandal.
2.      Mahasiswa dapat mengikuti ujian akhir semester apabila menghadiri pertemuan intensif tatap muka perkuliahan sebanyak minimal 80%.
3.      Jika ditemukan adanya indikasi plagiarisme dalam mengerjakan tugas maka nilai yang bersangkutan tidak akan dikeluarkan.
4.      Mahasiswa harus menyerahkan tugas sesuai jadwal yang ditetapkan dan dosen segera memberikan umpan balik.
5.      Bila dosen belum hadir, setelah lima belas menit dari jadwal yang ditetapkan ketua kelas harus menghubungi dosen via telepon.
6.      Semua anggota kelas sepakat mencapai kesuksesan dalam perkuliahan ini dengan lebih mengembangkan iklim koperatif daripada iklim kompetitif.
7.      Semua hambatan yang dihadapi dalam perkuliahan ini segera dibicarakan dengan dosen pembina dan dosen wajib memfasilitasi.





Pekanbaru,   Juli  2012


Albert, S.Pd., M.Pd.
HP: 0812 7644 6817
                                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar